- no title specified

PERSYARATAN PENGELOLA GUDANG DALAM SISTEM RESI GUDANG (Bagi BUMN, BUMS, BUMD, PT, Perum, PD dan Koperasi)

NO

DOKUMEN

KETERANGAN

SYARAT

1

Surat Permohonan Persetujuan sebagai Pengelola Gudang dalam Sistem Resi Gudang

(Form No. SRG-PG07 )

Wajib

 

2

Daftar Kelengkapan Dokumen dalam Rangka Permohonan Persetujuan sebagai Pengelola Gudang

(Form No. 21.SRG.01 )

Wajib

 

3

Daftar Isian Permohonan Persetujuan sebagai Pengelola Gudang

(Form No. SRG-PG07.B)

Wajib

 

4

Daftar Pertanyaan Integritas Direksi Perseroan Terbatas/BUMN/BUMD atau Pengurus Koperasi

 

(Form No. SRG-PG07.C)

Wajib

5

Daftar Isian Keterangan Kelengkapan Pengelola Gudang

(Form No. SRG-PG01)

Wajib

 

6

Fotokopi akta pendirian (Perseroan Terbatas/ BUMN/BUMD/KOPERASI*)yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang

 

Wajib

7

Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Perseroan Terbatas/BUMN/BUMD/KOPERASI*)

 

Wajib

 

8

Fotokopi Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) Perseroan Terbatas/BUMN/BUMD/KOPERASI*)

 

Wajib

 

9

Fotokopi Tanda Daftar Perusahaan (TDP)  Perseroan Terbatas/BUMN/BUMD/KOPERASI*)

 

Wajib

 

10

Profil Perseroan Terbatas/BUMN/BUMD/KOPERASI*)yang berisi status, deskripsi bisnis, landasan hukum, ekuitas, alamat, pengurus, jasa yang diberikan, visi dan misi, jumlah pekerja, jumlah gudang yang dikuasai dan alamat kantor cabang

 

 

Wajib

 

11

Sertifikat Manajemen Mutu untuk Perseroan Terbatas atau Pedoman Operasional Baku untuk Koperasi yang mendukung kegiatan operasional sebagai Pengelola Gudang

 

 

Wajib

12

Rencana usaha Perseroan Terbatas/BUMN/BUMD/KOPERASI*) 3 (tiga) tahun termasuk susunan organisasi, tata kerja, sarana teknologi informasi dan komunikasi, serta sistem pengawasan intern

 

 

Wajib

13

Perjanjian standar yang dipergunakan sebagai perjanjian pengelolaan barang

 

 

Wajib

14

Fotocopy Persetujuan sebagai Gudang yang dipergunakan dalam Sistem Resi Gudang dari Bappebti, atau tanda terima pengajuan permohonan sebagai Gudang dalam SRG dari Bappebti*)

 

 

Wajib

15

Daftar nama dan data anggota Direksi dan Komisaris Perseroan Terbatas/BUMN/BUMD atau Pengawas dan Pengurus Koperasi, dan pegawai yang berhak menandatangani Resi Gudang termasuk spesimen tandatangannya

meliputi:  

  1. a.daftar riwayat hidup 

  2. b.fotokopi ijazah pendidikan formal terakhir dan/atau sertifikat keahlian di bidang Sistem Resi Gudang 

  3. c.fotokopi surat kuasa/penugasan yang memberikan kewenangan untuk menandatangani Resi Gudang 

fotokopi Kartu Tanda Penduduk/Paspor 4 (empat) lembar pas photo terbaru ukuran 4 x 6 cm

Wajib

16

Neraca pembukaan yang dibuat paling lama 90 (sembilan puluh) hari sebelum pengajuan permohonan atau laporan keuangan yang telah diaudit*)

 

 

Wajib

17

Rekening koran 90 (sembilan puluh) hari terakhir secara berturut-turut sebelum pengajuan persetujuan ke Bappebti dalam hal permohonan melampirkan neraca pembukaan

 

 

Wajib

 

PERSYARATAN GUDANG DALAM SISTEM RESI GUDANG (Bagi BUMN, BUMS, BUMD, PT, Perum, PD dan Koperasi)

NO

DOKUMEN

KETERANGAN

SYARAT

1

Surat Permohonan Persetujuan sebagai Gudang dalam Sistem Resi Gudang

(Form No. SRG-GD01 )

Wajib

 

2

Daftar Kelengkapan Dokumen dalam Rangka Permohonan Persetujuan sebagai Gudang dalam Sistem Resi Gudang

(Lampiran 1 Form No. SRG-GD01 )

Wajib

3

Daftar Isian Permohonan Persetujuan sebagai Gudang dalam Sistem Resi Gudang

(Lampiran 2 Form No. SRG-GD01 )

Wajib

 

4

Daftar Isian Keterangan Kelengkapan Gudang

(Lampiran 3 Form No. SRG-GD01 )

Wajib

 

5

Fotokopi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)  dibidang Usaha Jasa Perdagangan

 

Wajib

 

6

Fotokopi Tanda Daftar Gudang (TDG)

 

Wajib

 

7

Fotokopi Sertifikat untuk Gudang dari Lembaga Penilaian Kesesuaian (Laporan Pemeriksaan Gudang)

 

Wajib

8

Keterangan kelengkapan gudang sesuai dengan Sertifikat untuk Gudang dari Lembaga Penilaian Kesesuaian dengan menggunakan Formulir SRG-GD04

 

 

Wajib

9

Fotokopi bukti kepemilikan atas tanah dan bangunan gudang

 

Wajib

 

10

Fotokopi Perjanjian Sewa Menyewa/Bentuk Perjanjian Lain yang memberikan penguasaan terhadap Gudang (apabila gudang bukan milik Pengelola Gudang)

 

Wajib

 

PERSYARATAN LEMBAGA PENILAIAN KESESUAIAN DALAM SISTEM RESI GUDANG

NO

DOKUMEN

KETERANGAN

SYARAT

1

Surat Permohonan Persetujuan sebagai Lembaga Penilaian Kesesuaian dalam Sistem Resi Gudang

(Form No SRG-LPK07)

Wajib

 

2

Daftar Kelengkapan Dokumen dalam Rangka Permohonan Persetujuan sebagai Lembaga Penilaian Kesesuaian

Lampiran 1 (Form No SRG-LPK07)

Wajib

 

3

Daftar Isian Permohonan Persetujuan sebagai Lembaga Penilaian Kesesuaian dalam Sistem Resi Gudang

Lampiran 2 (Form No SRG-LPK07)

Wajib

 

4

Fotokopi dokumen legalitas hukum Perusahaan /  Lembaga (Fotokopi akta pendirian, Perseroan Terbatas /BUMN/BUMD/Koperasi/Lembaga lainnya beserta perubahannya yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang atau SK pendirian beserta perubahannya*)

 

 

Wajib

 

5

Profil Perusahaan/Lembaga yang paling sedikit memuat mengenai visi dan misi, deskripsi bisnis, struktur permodalan (ekuitas), alamat kantor pusat dan kantor cabang, daftar profil anggota direksi/pengurus dan komisaris/pengawas dan jasa yang diberikan.

 

 

Wajib

6

Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (Perseroan Terbatas/BUMN/BUMD/Koperasi/Lembaga lainnya*)

 

 

Wajib

7

Fotokopi sertifikat akreditasi termasuk ruang lingkup akreditasinya sebagai Lembaga Penilaian Kesesuaian dari Komite Akreditasi Nasional**), atau Surat Rekomendasi dari Direktorat Pengembangan Mutu Barang – Kementerian Perdagangan setelah mendapatkan pendampingan selama 1 (satu) tahun atau telah memiliki pengalaman dalam penilaian mutu Barang lebih dari 1 (satu) tahun***)

 

Wajib

8

Struktur Organisasi dan Daftar Personil Lembaga Penilaian Kesesuaian

 

Wajib

 

9

Daftar Peralatan yang dipergunakan untuk menunjang ruang lingkup kegiatan penilaian kesesuaian

 

Wajib

 

10

Fotokopi Sertifikat pelatihan yang berbasis kompetensi dalam bidang Pengujian Mutu Barang/Manajemen Mutu/Inspeksi Gudang*) yang dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang.

 

Wajib

11

Panduan Mutu, Prosedur Kerja dan Instruksi Kerja

Meliputi:

  1. a.Personel 

  2. b.Metoda Pengujian; 

  3. c.Peralatan; 

  4. d.Ketertelusuran Pengukuran (kalibrasi); 

  5. e.Penanganan Barang yang diuji; 

  6. f.Jaminan Mutu Hasil Pengujian; dan 

Pelaporan Hasil Pengujian

Wajib

12

Contoh Format Sertifikat Penilaian Kesesuaian

 

Wajib